Thursday, August 2, 2012

Cara Menghadapi Situasi 1-2 (One on Two)


Hello semua, balik lagi di seputar tips buat kiper futsal. Kali ini saya mau mencoba berbagi tips cara menghadapi situasi 1-2 yang dimana situasi ini sering terjadi ketika terjadi serangan balik cepat dari lawan.
Tidak semua tim futsal memiliki pemain yang solid dan mampu melakukan pergerakan yang sempurna baik ketika menyerang atau bertahan. Danhal paling lumrah terjadi dalam futsal adalah kejadian counter attack. Karena pemainan futsal yang memiliki tempo cepat.
Oleh karenanya tidak jarang kiper futsal langsung berada dalam situasi 1 lawan 2 atau biasa disebut one on two.
Hal yang biasa saya lakukan adalah dengan fokus kepada pemain yang membawa bola [lihat gambar 1], serta posisi kaki berada dengan posisi L yang tidak sempurna atau mengambil posisi M. Posisi L yang tidak sempurna maksudnya dengkul/lutut tidak menancap dengan sempurna pada lapangan hal ini agar masih kita masih bisa bergerak ketika lawan melakukan pivot atau passing.
382210 2357085978997 1605674625 2312994 891075710 n Cara Menghadapi Situasi 1 2 (One on Two)
Gambar 1
Disaat seperti itu hal yang perlu kita lakukan adalah menunggu saat yang tepat untuk mencocor (membuang) bola atau memotong passing [lihat gambar 2] ke pemain yang satunya.

one on two 300x238 Cara Menghadapi Situasi 1 2 (One on Two)Gambar 2
Jika dengan cara memotong operan tidak memungkinkan, maka cara lain adalah dengan menutup ruang tembak pemain yang dioper.
Karena ketika pemain yang dioper menerima bola kemungkinan terbesarnya adalah dia melakukan tembakan langsung ke gawang.
Dan jangan lupa untuk selalu berkoordinasi dengan bek. Kalau terjadi 1 0n 2, setidaknya ada 1 pemain harus secepatnya menuju gawang untuk antisipasi dan menjaga pemain lawan yang bebas.
Dalam situasi 1 on 2 seperti ini, saya membagi menjadi 3 tipe pemain yang membawa bola, yaitu finisher,passer 
hybrid

  • Tipe Finisher

Pemain dengan tipe ini ini adalah seorang pemain yang memang memiliki naluri mencetak gol, dimana dia akan mengabaikan temannya yang berdiri bebas disisi lain. Yang dia fokuskan adalah membuat gol entah bagaimana caranya.
Beberapa skill yang dimiliki oleh pemain tipe ini adalah memiliki shooting yang keras serta cerdik dalam melakukan pivot atau gocekan.
Jadi jangan heran jika tiba-tiba dia melakukan shoot,merubah arah pergerakannya atau melakukan loop di atas kepala kita. Jadi kita harus benar-benar fokus kemana bola akan di arahkan olehnya.
  • Tipe Passer

Ini merupakan tipikal pemain yang mementingkan poin bagi timnya, kalau seperti di iklan itu not my glory but team glory :p
Dia akan memberikan passing kepada temannya yang berada pada posisi bebas, dan kita harus siap sedia dan mendapatkan waktu yang tepat dalam memotong operannya [lihat gambar 2].
  • Tipe Hybrid

Walah kok keren bener bahasanya?
Iya ini sih sayanya aja yang mau nyebutnya begitu :p
Karena pemain yang seperti ini merupakan pemain yang memiliki skill sangat mumpuni dan pengalaman yang tinggi pula. Jadi dia sudah paham dan mengerti situasi seperti apa yang pas saat dia mendapat bola.
Apakah melakukan tembakan langsung ke gawang atau melakukan operan ke kawan, alias kombinasi dari tipe finisherdan passer.
Walau bagaimanapun juga pemain bertipe-kan hybrid ini tetap memiliki kecondongan yang mengarah ke Passer atau yang Finisher dapat dilihat dari seberapa sering dia melakukan passing dan shooting ke gawang.

Bagaimana mengetahui pemain yang membawa bola itu bertipe apa?

Analisis,
Yap analisis merupakan kunci disini untuk mengetahui seperti apakah pemain tersebut.
Ketika permainan dimulai semua tipe bermain dari setiap pemain akan terlihat, ada yang doyan melakukan shootingseperti apapun posisi dan kondisinya [finisher], ada yang doyannya melakukan operan [passer].
Itu semua kembali ke kita sebagai kiper futsal, bagaimana tetap berkonsentrasi dan fokus terhadap pertandingan, pergerakan kawan serta pemain lawan. Itulah tips dari saya untuk menghadapai situasi 1-2[one on two].


SUMBER : http://www.kiperfutsalpost.net


danhybrid.

No comments:

Post a Comment